Sabtu, 11 Desember 2010

Algoritma "Spanning Tree"

Saya melakukan koreksi atas konsep yang saya sampaikan mengenai Algoritma spanning tree ini karena seorang "expert" di bidang Networking yang menegur saya, jadi saya mohon maaf sekali atas kesalahan penjelasan mengenai bahwa bridge memiliki spanning tree masing-masing, jadi tetap yang menjadi root bridge adalah bridge yang mempunyai ID terkecil.
“Spanning Tree” adalah suatu gambaran diagram yang didalamnya terdapat LAN dan “Bridge” yang menghubungkan antar LAN tersebut, di dalam diagram ini salah satu bridge menjadi “root” dan tidak boleh ada jalur yang “looping”. Tahapan algoritma “Spanning Tree” adalah prosedur untuk mencari jalur terpendek, untuk menentukannya kita butuh “cost” atau “metric”, apaan Kar’ “cost” atau “metric” pliz deh hehehe J. Gini guys “cost” atau “metric” tuh cuman istilah atau interpresentasi dari parameter yang ditentukan oleh si administrator jaringan untuk menentukan jalur terpendek. So costnya bisa berdasarkan jumlah minimum hops (nodes), nilai minimum delay pada suatu jalur atau jalur dengan nilai bandwidth yang maksimum. It’s Up To Administrator Gitchu Loh hehehehe!!!!. OK kalo berdasarkan buku Forouzan yang saya baca dia menentukan cost berdasarkan jumlah minimum hops. Penentuan hop gini kalo Bridge ke LAN dihitung hopnya 1 sebaliknya kalo LAN ke Bridge dihitung hopnya 0.
Proses untuk menentukan spanning tree ada 3 proses :
1. Tiap bridge tuh punya ID dengan format serial number yang unik, nha jika semua bridge dan LAN dalam suatu diagram saling terhubung, melalui proses broadcast masing-masing bridge bisa mengetahui serial number bridge yang lain termasuk bridge yang mempunyai ID terkecil. Nha bridge dengan ID terkecil dijadikan “root” atau ujung asal jika hendak berhubungan dengan LAN atau bridge yang lain ya boleh lah dibilang sebagai akar pada suatu pohon.
Dimisalkan pada system di bawah ini :
Nha misal nih kita punya sistem seperti gambar diatas 4 LAN dan 5 Bridge yuk kita tetukan hopnya :


2. Nha sekarang kalo kita buat spanning tree dengan B1 sebagai “root” nya

Than guys this is it “Spanning Tree” for B1 as root :

Semua hal yang saya sampaikan merupakan pemahaman saya mengenai spanning tree algorithm yang saya simpulkan setelah membaca bukunya Forouzan, jika kalian tdk setuju kalian boleh komentar disarankan banget! So kita bisa melakukan koreksi, kalo ternyata pemahaman saya udah benar ya syukur Alhamdulillah !!!
You Get It Guys! I’m sure u Try! OK thank’s a lot!
Remember ALWAYS SPREAD YOUR MIND!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar