Minggu, 12 Desember 2010

Analisa Sistem penting ga sih??

Tahun lalu saya dan anak2 saya mengadakan praktikum Sistem Informasi dan saya cukup dibust pusing karena semua ass.lab sulit sekali untuk diajari menganalisa suatu sistem, lalu benak saya mulai berfikir apakah perlu mahasiswa strata 1 mengerti mengenai analisa sistem, minimal data dan proses pada sistemnya mereka tau dan paham. Saya memutuskan untuk meminta petunjuk kepada "suhu" saya.
Long conversation but without any coffe hehehe saya dan suhu berdebat, jika dilihat dari konteks praktis suatu sistem informasi dinilai hanya dari hasil akhir, ini berdasarkan working software over process & tools (prinsip agile methodology), jika dari konsep akademis, output masing2 fase dalam pembangunan SI itu bener2 bisa dipake di fase selanjutnya.
misal: hasil ngumpulin data --> cukup nggak utk dipake buat analisis?
hasil analisis --> bisa nggak dipake utk ndesain? ato masih kurang jangan2?
hasil dari desain --> programmer yg codingin bener2 MBACA dokumen desain nggak? ato cuman dijadikan asbak doank ntu hasil desain?:p hahaha
Memang lebih bagus sih jika 1 fase diajarkan dalam 1 semester dan untuk proses pembelajaran, dimulai dari belakang, programming dulu, trus desain, trus analisis, soalnya 'cara berpikir' setelah belajar coding itu bisa dipake utk belajar cara mendesain yg baik,
yg bener2 dibutuhkan sebagaimana dulu diperlukan ketika coding di semester sebelumnya, jadi desain yg dipelajari di semester sebelumnya, itu "desain sistem" yg memang mendewasakan seseorang, jika mahasiswa s1 belajar desain, kalo tidak punya pengalaman coding susah, desainnya pasti akan ecek2 (sory to say).
So untuk belajar, disamakan saja dengan tahap2an penjenjangan karir, jadi dokumentator/tester --> jadi programmer --> jadi system designer --> jadi business analyst. PERFECTO!!!
Kenapa harus belajar analisis duluan kalo utk jenjang2 di bawahnya pun blank juga.
Ya Toh Ya Toh Ya Toh....!
Harus diingat bahwa anak2 saya masih strata1, jadi harus dipikirkan juga dunk metode yang tepat bagi mereka agar memahami betul membangun Sistem Informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
Saya bekerja dan hidup di Kota Malang. Anda bisa panggil saya Krin, minat saya di bidang IT.